Socrates dan Seorang laki-laki

Created by ShowTime on Senin, 28 Mei 2012

zaman Yunani kuno, Socrates memiliki reputasi yang luar biasa sebagai seorang filsuf besar. Suatu hari seorang lelaki bertemu dengannya, dan bertanya,
Lelaki : "Tidakkah kau tahu apa yang baru saja aku dengar tentang kawanmu?".
Socrates membalas : "Tunggu dulu, sebelum kamu mengatakan apapun, aku ingin kamu melewati tes kecil. Ini disebut tes tiga saringan.".
Lelaki : "Tiga saringan?".
Socrates melanjutkan : "Ya betul, sebelum kamu berkata kepadaku tentang temanku, ada baiknya mengambil waktu sebentar dan menyaring apa yang akan kamu katakan. Itulah mengapa aku menyebutnya tes tiga saringan. Saringan pertama adalah Kebenaran. Apakah kamu benar-benar
yakin apa yang akan kamu katakan kepadaku itu benar?"
The man said : "Tidak, sebenarnya aku baru saja mendengarnya dan... "
Socrates: "Baiklah, jadi kamu tidak tahu apakah itu benar atau tidak. Sekarang kita coba saringan yang ke dua. Saringan Kebaikan. Apakah kamu akan mengatakan kepadaku sesuatu yang baik tentang temanku?" .
Lelaki itu membalas: "Tidak, sebaliknya..."
Socrates melanjutkan : "Jadi, kamu ingin mengatakan sesuatu yang buruk tentangnya, tetapi kamu tidak yakin apakah itu benar. Kamu masih bisa melewati tes ini, karena masih ada satu saringan lagi: Saringan Kegunaan.Apakah sesuatu yang kamu katakan kepadaku tentang temanku akan berguna bagiku?"
Lelaki: "Tidak, tidak terlalu."
Socrated menyimpulkan: "Well , kalau apa yang akan kamu katakan tidaklah benar, baik, atau bahkan berguna, mengapa kamu mengatakannya padaku?"
 Hindari perkataan buruk tentang temanmu. Jika kamu menikmati saat berbicara hal yang buruk di belakang temanmu, kamu adalah teman palsu dan tidak dapat dipercaya.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Thanks for Visiting Please come Again